Connect with us

Hi, what are you looking for?

Otakuverse

Culture

Mangaka & Animator Fumio Hisamatsu Meninggal Dunia!

Seniman senior Jepang Fumio Hisamatsu, dikabarkan telah meninggal dunia di usianya yang telah menginjak 77 tahun!

Kabar duka lagi-lagi datang dari industri hiburan anime dan manga baru-baru ini. Kali ini kabar tersebut datang dari sebuah penerbit bernama Seirindo. Mereka mengumumkan bahwa seorang mangaka Fumio Hisamatsu meninggal dunia pada 16 April di usia yang ke 77 tahun. Hal ini telah terkonfirmasi dari beberapa media dan juga dari pihak keluarga sang Mangaka.

Salah satu serial yang membuat mendiang Fumio Hisamatsu dikenal oleh banyak orang dengan karyanya yang menarik adalah Chikyū Ayaushi yang merupakan sebuah karya yang berasal dari tangannya yang sangat kreatif saat usia ke 15 tahun. Selain itu Fumio Hisamatsu juga sempat bekerja sebagai asisten dari seorang mangaka terkenal lainnya yaitu Osamu Tezuka yang merupakan pencipta dari serial Astro Boy.

image source: nautiljom.com

Selain itu dia juga ikut berkontribusi untuk beberapa serial anime sebagai perancang karakter dan animator utama. Salah satu anime Shounen yang merupakan buah karyanya dalam bidang pekerjaan tersebut adalah Ninja Kaze no Fujimatu, Boken Gabotenjima, Mirai Kara Shounen Super Jetter dan beberapa anime lainnya. Bahkan dia juga sempat dikreditkan sebagai pencipta asli untuk Bokken Gabo Tenjima.

Hisamitsu juga merupakan seorang pencipta manga pertama yang mengadaptasi teks mitologi Jepang. Yaitu Records of Ancient Matters menjadi sebuah bentuk manga secara utuh. Bahkan dalam sebuah seri garapannya yang bertajuk Manga de Yomu Kojiki. Terdapat sebuah gambaran adaptasi manga dari teks sejarah yang juga merupakan buah karya dari beliau. Selain itu dia juga membuat manga tentang sejarah Jepang lainnya seperti Dogen-sama Monogatari, Gakushuu Manga Nihon no Rekishi, dan beberapa volume manga lainnya.

Hal ini membuktikan bahwa selain memiliki ketertarikan dalam dunia hiburan. Beliau juga sangat peka dalam sebuah permasalahan sejarah. Sehingga hal ini bisa kalian lihat dari beberapa karya yang telah beliau terbitkan hingga akhir hayatnya. Dan hal ini juga bisa menjadi sebuah alternatif yang menarik. Dengan membumikan sejarah yang telah ada dan terjamin kebenarannya dengan menggunakan media manga. Sehingga para generasi baru juga bisa menikmati sejarah bangsanya dengan baik melalui media yang lebih santai dan modern.

Featured Image: comicarttracker

Written By

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.

Kamu Mungkin Suka

Culture

Pencipta manga Monster Naoki Urasawa membuat channel youtube yang memperlihatkan berbagai kegiatannya yang ada kaitannya dengan kesenian!

Culture

Film live Action Kakegurui tertunda akibat pandemi covid-19. Namun, mereka telah merilis tanggal baru penayangannya!

Manga News

One Piece, Kru Topi Jerami berada dalam pertarungan sengit di Wano, kira-kira berapa harga buronan dari Kru Topi Jerami setelah arc ini?

Culture

Kolaborasi menarik telah terjadi antara WWE & Crunchyroll yang berencana akan bekerjasama dalam pembuatan anime!